Tuesday, March 31, 2020

Psikosomatis CORONA VIRUS atau COVID-19




Salam Dahsyat Luar Biasa
Pesan dari Rezky Daniel (Hipnoterapis) untuk Indonesia.

Banyak yang tidak paham soal ini, bahwa setiap informasi yang kita terima melalui panca indera kita akan diterjemahkan ke pikiran bawah sadar kita dalam bentuk IMAJINASI dan PERASAAN.

Contoh sederhana: 
Ketika saya bilang kata GAJAH.

Yang muncul di pikiran anda adalah Gambar GAJAH kan? Bukan tulisan G-A-J-A-H.

Contoh lain, saya membicarakan tentang orangtua.

Yang tergambar adalah Wajah orang tua kita, termasuk PERASAAN-nya juga. Betul atau betul?

Lalu konsep berikutnya adalah: One-Mind-Body-Connection
✓ Apa yang terjadi di Pikiran/Perasaan akan bereaksi pada Tubuh
✓ Apa yang terjadi pada Tubuh akan mempengaruhi Pikiran/Perasaan.

Contoh sederhana adalah seperti ini:
Ketika anda mengalami emosi atau perasaan marah, cek di tubuh anda, biasanya wajah memerah, otot tubuh menegang, dan nafas menjadi lebih cepat.
Yah, Tubuh anda merespon pikiran/perasaan anda.

Masalahnya ada di sini..

Setiap kali anda membaca berita atau informasi tentang COVID-19 ini, apa yang anda bayangkan dan rasakan? Ini yang menentukan apa yang terjadi kemudian.

Beberapa hari lalu, saudara saya sharing bahwa dia merasa sesak, badannya terasa lemas, badan meriang, dll. Semakin waktu, perasaan ini makin kuat.

Lalu saya tanya tentang aktivitasnya, dia menjawab tidak kemana-mana, hanya di rumah saja.. lalu saya tanya sejak kapan persisnya perasaan tidak enak ini terjadi, dan ternyata di sini letak akar masalahnya.. 

Ternyata jawabannya adalah, suatu waktu dia menonton berita tentang orang meninggal karena corona, selanjutnya dia mencari tahu tentang corona termasuk mempelajari gejala-gejalanya. Yang menarik adalah beberapa saat kemudian dia merasakan seluruh tanda-tanda yang dibaca tersebut, sangat mirip dengan yang dibaca.

Ketika mendengar cerita orang tersebut, saya bilang itu PSIKOSOMATIK aja.. saya jelaskan tentang Psikosomatik kepadanya, serta saya berikan sugesti2 reframing, dan ketika dia paham, gejala-gejala tersebut hilang dan tidak dirasakan lagi.

Yah Psikosomatik !

Suatu fenomena dimana seseorang mengalami sensasi fisik (seperti sakit fisik) yang disebabkan oleh Pikiran.

Proses yang terjadi sebenarnya sederhana:
  1. Kita membaca berita (tv, media cetak, internet) tentang CORONA
  2. Pikiran kita menerima seluruh informasi (kurang kritis)
  3. Pikiran Bawah Sadar mengkonversi menjadi sebuah gambaran/imajinasi (seperti: diri kita yang sakit, bayangan hidup kita jadi hancur ketika mengalami sakit tsb, dan bayangan kematian)
  4. Pikiran Bawah Sadar juga mengkonversi menjadi sebuah perasaan-perasaan (emosi negatif seperti cemas, khawatir, takut, dll)
  5. Tubuh akan merespon (konsep one mind & body connection), dan mewujudkannya menjadi sebuah sakit beneran. Saat ini sudah terjadi maka kita mengalami psikosomatik.

Apa yang bisa kita lakukan?

Jika memungkinkan kurangi asupan informasi berita-berita negatif yang dapat mempengaruhi pikiran dan perasaan anda, karena kita tidak tahu apakah pikiran kita bakal siap atau tidak untuk mencerna isi berita tersebut.

Tapi kalau sudah terlanjur (sudah sering menerima informasi negatif tersebut/bahkan sudah merasakan seperti psikosomatik), lakukan hal-hal sederhana ini :
  • Membiasakan pikiran tetap tenang - latihan olah nafas / meditasi
  • Mengajak pikiran kritis kita untuk memaknai kembali apa yang anda lihat dan baca dengan lebih baik dan mendamaikan diri anda.

Contoh Aplikasinya: 
✓ Kalau social distancing / lock down, jaga kebersihan, dan melakukan hal-hal yang dianjurkan, kita akan aman kok.. kemungkinan kena sangatlah kecil.
✓ Kalau ternyata (amit-amit) kita kena, kita pasti sembuh kok. Kita kuat, kita percaya mekanisme imun tubuh kita dapat bekerja untuk menyembuhkan kita. Ikuti proses penyembuhan dari dokter dengan tetap tenang dan optimis pasti sembuh.
✓ Situasi ini adalah tantangan untuk kita. Kita adalah orang hebat pasti bisa melalui masa-masa seperti ini.
✓ ... Silakan tambakan sendiri.

Tuhan sudah menciptakan kita sempurna dengan sistem imun yang luar biasa.
❌ Khawatir yang berlebihan adalah tanda kita tidak yakin dengan kekuatan diri kita sendiri
❌ Jangan kita rusak sistem imun kita dengan pikiran dan perasaan negatif dari kita sendiri
✔️ Jadilah tenang dan damai. Ketenangan, dan Kedamaian akan memperkuat sistem imun kita bekerja dengan baik. 

Semoga bermanfaat ya. Silakan untuk dishare.

©Rezky Daniel
- International Hypnotherapy Trainer by IACT-USA
- Professional Hipnoterapis terdaftar
Ingin Mengundang Beliau ke Instansi Anda? ataupun ingin mendapatkan Informasi Jadwal Pelatihan Hipnoterapi, NLP dan Coaching bersama Beliau? Silakan Hubungi Sekarang Juga: 0812-1205-3862
Via SMS TELP dan Whatsapp

Anda Menyukai artikel ini? Bagikan melalui :

Facebook Google+ Twitter
Join US