Saturday, May 23, 2020

Psikologi Penjualan yang Tidak Disadari Oleh Banyak Orang



Halo Sahabat Smart Hypnotist Center, Kali ini saya ingin berbagi pengetahuan tentang Pikiran Bawah Sadar dalam Dunia Selling, sekaligus menjawab sebuah pertanyaan dari seorang Sahabat. 

"Pak Rezky, saya jualan produk kesehatan seharga 7 jtan tapi kok susah lakunya ya? Boleh kasih tipsnya pak?"

Di atas adalah pertanyaan yang sering masuk di inbox dan saya posting disini dengan tujuan agar jika teman-teman yang memiliki pertanyaan serupa bisa mendapatkan jawabannya seperti pertanyaan diatas.

Saya jawab ya..

Begini, sebenarnya saya sering melihat teman-teman yang jualan produk atau jasa dengan harga jutaan hingga puluhan juta rupiah tapi jarang sekali terjadi respon yang berakhir penjualan. Padahal sering posting iklan di akun media sosialnya.

Mengapa bisa demikian? Saya tidak akan membahas tentang strategi marketingnya, Tapi saya akan membahas aspek secara Psikologi Penjualan yang banyak tidak disadari.

Pertanyaannya, pernah tidak anda membeli sendiri atau menggunakan produk atau jasa yang anda jual itu? Atau pernah tidak anda membeli produk atau jasa dengan harga segitu ditempat lainnya? Atau pernah gak anda keluar duit segitu?

Ada yang cerita jualan mesin air kesehatan yang harganya puluhan juta susah banget lakunya, ketika ditanya sudah punya barangnya sendiri gak? Ternyata enggak..!. Sudah pernah beli produk serupa ditempat lain gak? Ternyata enggak..! Pernah keluar duit segitu gak? Ternyata enggak..!

Ada yang cerita jualan herbal yang harganya jutaan susah lakunya, ketika ditanya sudah pernah makek gak? Ternyata enggak..! Sudah pernah beli produk serupa ditempat lain gak? Ternyata enggak..!

Ada yang cerita bisnisnya ngajakin ibadah umrah ternyata susah closing, ketika ditanya sudah pernah umrah gak? Ternyata enggak..! Sudah pernah beli jasa serupa ditempat lain gak? Ternyata enggak..!

Ada yang cerita jual aneka kosmetik yang mahal, ketika ditanya sudah pernah menggunakan kosmetiknya gak? Ternyata enggak..! Sudah pernah beli produk serupa ditempat lain gak? Ternyata enggak..!

Aneh kan?

Maksudnya gimana Pak ?

SABOTASE PIKIRAN BAWAH SADAR

Gini lho, orang yang jualan produk atau jasa yang hanya sekedar modal berbicara keunggulan produknya tanpa benar-benar pernah menggunakan produk atau jasa yang ia jual akan lebih susah terjualnya. 

Mengapa? Ini adalah permainan sabotase pikiran bawah sadar saja. Jika anda tidak pernah sama sekali menggunakan produk atau jasa yang anda jual atau sama sekali tidak pernah membeli produk atau jasa yang harganya segitu, atau anda sendiri tidak pernah keluar duit segitu, itu sama halnya anda sedang membangun sebuah program bahwa betapa beratnya orang mengeluarkan uang yang nominalnya segitu.

Betul atau Betul Banget?

Contoh:
Anda punya uang Rp1.000.000,- lalu Anda ditawari suatu produk berupa Buku seharga Rp300.000,-. Lalu anda bilang, "Mahal banget..", Masa Jual Buku harganya Rp300.000,-? Mana ada yang mau beli.. 
Lalu, ketika anda disuruh menjual sebuah buku bagus, lalu anda disuruh menjual dengan harga Rp300.000,-, Apa response Bawah Sadar Anda? Pasti muncul suara-suara, "Mahal banget." , "Emank Bisa Laku?" , "Mana mungkin ada yang mau beli." dan sebagainya. 
Pikiran Bawah Sadar tentu saja akan mempengaruhi cara anda menawarkan barang. Kemungkinan anda tidak akan pede menjualnya. Tidak akan muncul rasa antusias yang tinggi. Saat anda menawarkan ke seseorang, lalu calon pembeli menjawab, "Mahal banget nih buku..". Spontanitas rasa percaya diri anda akan runtuh dengan sendirinya. Dan anda pun mulai panik menghadapinya, lalu ujung-ujungnya tidak jadi closing..

Padahal MAHAL dan MURAH itu Relatif, tergantung bagaimana cara anda membingkainya. Teknik-Teknik membingkai harga ini dapat anda pelajari secara lengkap di E-Course saya, "NLP For Selling Mastery", silakan KLIK DI SINI!

Namun, karena pikiran bawah sadarnya sudah tersabotase dengan sugesti, "Mahal", "Susah nih Jualan harga segini.", dan sugesti lainnya, jadi tindakan anda pun seolah-olah menunjukkan atau membenarkan hal tersebut. Ingat Pikiran Bawah Sadar Pengaruhnya 88% terhadap kehidupan termasuk di dalam perilaku kita.


SAAT RASA YAKIN ITU HADIR

Selain itu, menjual produk atau jasa yang pernah kita gunakan akan memberikan RASA yang berbeda dibandingkan orang yang jualan tanpa pernah menggunakannya sendiri. Termasuk juga ketika anda bersedia mengeluarkan uang sebesar nilai produk yang anda jual untuk membelinya.

Ketika Anda sudah merasa yakin karena sudah merasakan manfaat dari produk atau jasa yang anda jual maka calon pembeli anda pun akan merasa yakin dengan segala penawaran yang anda berikan. 
Anda juga akan merasa yakin karena anda sudah pernah beli produk atau jasa dengan harga segitu, calon pembeli anda pun akan merasa yakin saat mau mengeluarkan duit segitu. 
Anda pernah keluar duit segitu, orang lain pun akan yakin mau keluar duit segitu. Sampai disini bisa dipahami?

Lebih lanjut lagi,

Jikalau anda sudah menggunakan produk anda sendiri, atau sudah pernah membeli produk atau jasa ditempat lainnya dengan harga segitu, atau setidak tidaknya anda pernah keluar duit segitu, ini seperti men-setting angka di bawah sadar anda, bahwa sangat mudah orang keluar duit segitu. Ini secara otomatis akan membangun mindset bahwa tidak mustahil anda juga mampu dibayar dengan angka yang sama karena pada kenyataannya ada kok orang yang keluar duit segitu. Nah, kejadian inilah yang menembus area bawah sadar anda hingga menjadi sebuah program di pikiran bawah sadar anda. 
Ketika anda tidak menggunakan produk atau jasa anda sendiri, atau anda tidak berani membeli produk atau jasa orang lain yang harganya segitu, atau ketika anda tidak berani keluar duit dengan angka tertentu, ini sama halnya anda sedang meragukan diri anda sendiri bahwa ternyata begitu beratnya orang mau keluar duit untuk membeli produk atau jasa anda. Inilah yang disebut program pikiran bawah sadar.

Kesimpulannya,

Jika selama ini anda jualan produk atau jasa dan masih saja kesulitan untuk melakukan penjualan, anda harus mampu berdamai dengan ANGKA yang anda tetapkan atas produk atau jasa yang anda jual.

Bagaimana caranya? Beranikan diri anda untuk membeli produk anda, atau beranikan diri anda untuk membeli produk atau jasa ditempat lainnya, atau setidak tidaknya beranikan diri anda untuk keluar duit minimal sejumlah harga itu. Anda berani keluar uang segitu, orang lain pun berani keluar uang dengan nominal segitu.

DAN apabila Anda ingin mempelajari tentang Hipnoterapi dan NLP, bisa bergabung di Kelas Hipnoterapi dan NLP, yang saya adakan secara online di: KLIK DI SINI!


Semoga bermanfaat dan silakan dibagikan agar pembelajaran ini bermanfaat untuk banyak orang.

Salam Dahsyat Luar Biasa
Rezky Daniel
- Certified International Hypnotherapy Trainer (IACT - USA)
Ingin Mengundang Beliau ke Instansi Anda? ataupun ingin mendapatkan Informasi Jadwal Pelatihan Hipnoterapi, NLP dan Coaching bersama Beliau? Silakan Hubungi Sekarang Juga: 0812-1205-3862
Via SMS TELP dan Whatsapp

Anda Menyukai artikel ini? Bagikan melalui :

Facebook Google+ Twitter
Join US