Friday, November 23, 2012

Ternyata Relaksasi Tidak Dapat Meredakan Stres Semua Orang

Kebanyakan orang dapat mengatasi stres dengan metode relaksasi, misalnya melalui pemusatan pikiran, meditasi atau yoga. Tetapi pada beberapa orang yang kesulitan memusatkan pikiran, metode ini justru dapat meningkatkan stres.

Sekitar tahun 1980-an, seorang psikolog pertama kali mengetahui bahwa metode pereda stres dengan relaksasi tidak dapat bekerja pada semua orang. Relaksasi bahkan dapat menyebabkan kecemasan dan memperburuk stres pada beberapa orang tertentu.


"Pada awalnya relaksasi dapat memungkinkan stabilnya denyut jantung dan pernapasan kembali teratur, tetapi pada akhirnya pikiran akan kacau. Kami merasa perlu mengidentifikasi metode relaksasi tidak dapat bekerja terhadap pasien yang bagaimana,” kata Christina Lumberto, psikolog dari University of Cincinnati.

Sekarang, metode baru dapat membantu terapis mengukur tingkat stres pasien sehingga terapis dapat memilih cara mengatasi stres yang cocok untuk pasien. Alat baru tersebut diperkenalkan dalam konferensi tahunan tanggal 16 November kemarin, dengan harapan dapat membantu terapis mengetahui kapan harus menggunakan metode relaksasi dan kapan tidak.

Peneliti mengkaji data kuesioner dari 300 mahasiswa yang berisi pertanyaan-pertanyaan seperti ‘ketika napas menjadi lebih dalam, saya merasa takut’ dengan memberikan poin antara 0 sampai 5 sesuai dengan yang dirasakannya. Kuesioner tersebut dapat menangkap berbagai alasan mengapa orang mungkin akan kesulitan meredakan stres, perasaan malas, dan rasa takut yang di luar kendali.

“Dapat merasakan perubahan denyut jantung atau tekanan darah dapat menjadi suatu hal yang menyeramkan bagi orang-orang yang lebih sensitif. Fobia terhadap relaksasi cenderung lebih cemas dan anehnya juga lebih rentan terhadap asma,” kata Lumberto, seperti dikutip dari LiveScience, Selasa (20/11/2012).

Alih-alih meredakan stres dengan meditasi, orang yang fobia terhadap relaksasi mungkin perlu mencoba teknik lain seperti mencelupkan jari kakinya ke air dengan menggunakan metode yang disebut terapi pemaparan. Metode ini lebih sering digunakan untuk mengatasi fobia pada ruang terbuka atau fobia laba-laba.

Smart Hypnotist Center sebagai Salah Satu Pelatihan Profesional Hipnosis dan Hipnoterapi Nasional membuka peluang bagi Anda yang ingin menjadi seorang Hipnoterapis Profesional, yang dilatih langsung oleh Trainer Berpengalaman dan berlisensi resmi.

Rezky Daniel
- International Certified Hypnotherapist
- Founder Smart Hypnotist Center

Ingin Mengundang Beliau ke Instansi Anda? ataupun ingin mendapatkan Informasi Jadwal Pelatihan Hipnoterapi, NLP dan Coaching bersama Beliau? Silakan Hubungi: 0812-8446-0494 atau 0896-7370-0228
Ingin Mengundang Beliau ke Instansi Anda? ataupun ingin mendapatkan Informasi Jadwal Pelatihan Hipnoterapi, NLP dan Coaching bersama Beliau? Silakan Hubungi Sekarang Juga: 0812-1205-3862
Via SMS TELP dan Whatsapp

Anda Menyukai artikel ini? Bagikan melalui :

Facebook Google+ Twitter
Join US