Tuesday, August 19, 2014

Kehebatan Sebuah Cerita Dalam Menghipnosis Orang Lain

Tidak bisa kita pungkiri bahwa kebanyakan dari kita lebih senang mendengarkan sebuah cerita motivasi dibandingkan teori ataupun konsep motivasi. Tidak heran, gedung bioskop yang ada di mall-mall sering sekali ramai oleh penonton atau mungkin anda masih ingat bagaimana waktu kecil anda diceritakan hal-hal menarik oleh orang tua anda, bahkan oleh teman-teman yang saling membagikan cerita horor atau mistis yang membuat beberapa orang menjadi phobia gelap atau hantu, padahal belum tentu mereka pernah melihat hantu sekalipun. Itulah hebatnya cerita, saat mendengarkan cerita, kita sebagai pendengar (yang aktif indera pendengaran / audio) akan menghasilkan gambar/imajinasi di pikiran kita dengan sebuah kesimpulan-kesimpulan tertentu yang biasa disebut dengan realitas. Benar sekali, hal itu sudah menjadi realitas di pikiran bawah sadar kita, meskipun hanya dari sebuah cerita.

Karena begitu hebatnya efek dari sebuah Cerita, maka hal ini menjadi suatu hal yang perlu dikuasai oleh seorang praktisi hipnosis & NLP. Hebatnya sebuah cerita adalah :
  1. Tidak terkesan menggurui orang lain
  2. Pendengar akan cenderung mengambil makna dari cerita tersebut sesuai dengan pertumbuhan mental dirinya.
  3. Semakin unik dan berkesan ceritanya, maka akan diingat dalam memori jangka panjang.

Makanya, jangan heran jika dalam memberikan motivasi, para motivator selalu menggunakan sebuah cerita di dalam sesi motivasinya karena mereka menyadari betapa luar biasanya manfaat dari sebuah cerita.


Perhatikan sebuah cerita menarik di bawah ini.

Sebuah Toko unik yang menjual calon suami baru saja dibuka di kota New York. Sebuah tempat di mana wanita bisa menentukan suami yang sangat pas untuknya. Di antara instruksi-instruksi yang ada di pintu masuk, ada instruksi yang menunjukkan bagaimana aturan main untuk masuk ke toko tersebut.

"ANDA CUMA BISA BERKUNJUNG KE TOKO INI SATU KALI!!!"

Begitu bunyi dari sebuah tulisan yang terpampang di pintu masuk toko tersebut dengan huruf kapital semua dan disertai tanda seru.
Toko itu terdiri dari 6 lantai, dimana makin tinggi lantainya, makin tinggi atau mahal juga harga lelaki di lantai tersebut. Anda bisa menentukan mau memilih lelaki di lantai paling bawah atau mau terus ke lantai selanjutnya. Namun dengan syarat tidak dapat turun lagi ke lantai di bawahnya.

Lantas, datanglah seorang wanita ke toko calon suami tersebut untuk mencari suami yang pas untuknya. Sesudah ia membayar karcis masuk ke toko tersebut dengan harga yang cukup mahal, ia mulai memasuki lantai pertama.

Di lantai 1 ada catatan :

LANTAI 1 :
LELAKSI DI LANTAI INI MEMPUNYAI PEKERJAAN SERTA TAAT PADA TUHAN

Wanita itu merasa kurang puas dengan kriteria lelaki pada lantai ini. Maka dia pun melanjutkan naik ke lantai 2 dan menemukan catatan yang berbunyi :

LANTAI 2:
LELAKI DI LANTAI INI MEMPUNYAI PEKERJAAN, TAAT PADA TUHAN SERTA SUKA ANAK KECIL.

Karena masih tidak puas maka dia melanjutkan nai ke lantai 3. Dan setelah sampai di sana dia menemukan catatan yang berbunyi:

LANTAI 3:
LELAKI DI LANTAI INI MEMPUNYAI PEKERJAAN, TAAT PADA TUHAN, SUKA ANAK KECIL, SERTA TAMPAN.

Wow, pikir wanita tersebut. Namun dia tetap penasaran serta ingin untuk naik terus. Lantas sampailah wanita itu di lantai 4. Di sana ada catatan:

LANTAI 4:
LELAKI DI LANTAI INI MEMPUNYAI PEKERJAAN, TAAT PADA TUHAN, SUKA ANAK KECIL, TAMPAN BANGET, SUKA MENOLONG, PUNYA PEKERJAAN, DAN PUNYA TEMPAT TINGGAL.

"Ya ampun..!!!" seru si wanita. "Saya nyaris tak percaya!" lanjutnya. Namun, wanita itu masih penasaran dan terus melanjutkan ke lantai 5, dan di sana dia menemukan catatan yang berbunyi:

LANTAI 5:
LELAKI DI LANTAI INI MEMPUNYAI PEKERJAAN, TAAT PADA TUHAN, SUKA ANAK KECIL, TAMPAN BANGET, SUKA MENOLONG, PUNYA PEKERJAAN, PUNYA TEMPAT TINGGAL, DAN MEMPUNYAI KARAKTER ROMANTIS.

Dia Tergoda untuk berhenti di lantai 5. Namun tak lama kemudian, dia memutuskan untuk melanjutkan lagi ke lantai 6 dan di lantai tersebut dia menemukan catatan yang berbunyi:

LANTAI 6:
ANDA ADALAH PENGUNJUNG YANG KE 4252389. TAK ADA LELAKI DI LANTAI INI. LANTAI INI HANYA SEBAGAI BUKTI UNTUK WANITA YANG TIDAK PERNAH PUAS DAN BERSYUKUR SEPERTI ANDA! TERIMA KASIH SUDAH DATANG DI TOKO CALON SUAMI. HATI-HATI SAAT KELUAR TOKO. SEMOGA HARI INI HARI YANG INDAH UNTUK ANDA!


Jadi, hal menarik apa yang anda dapatkan dari cerita di atas?

Selamat Bercerita!



Rezky Daniel
- International Certified Hypnotherapist
- Founder Smart Hypnotist Center

Ingin Mengundang Beliau ke Instansi Anda? ataupun ingin mendapatkan Informasi Jadwal Pelatihan Hipnoterapi, NLP dan Coaching bersama Beliau? Silakan Hubungi: 0812-8446-0494 atau 0896-7370-0228
Ingin Mengundang Beliau ke Instansi Anda? ataupun ingin mendapatkan Informasi Jadwal Pelatihan Hipnoterapi, NLP dan Coaching bersama Beliau? Silakan Hubungi Sekarang Juga: 0812-1205-3862
Via SMS TELP dan Whatsapp

Anda Menyukai artikel ini? Bagikan melalui :

Facebook Google+ Twitter
Join US